3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android

3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android - Hallo Kawan WEB SEO, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Android, Artikel Factory Riset, Artikel Tips & Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android
link : 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android

Baca juga


3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android

Cara Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di HP Android. Kontak merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai tempat menyimpan semua nomor dan nama dari semua teman, keluarga, dan saudara yang sama – sama memiliki alat komunikasi baik itu smartphone, tablet, ataupun HP Jadul. Kontak sangat bermanfaat saat kita ingin mengirim pesan atau melakukan panggilan tanpa harus mengingat nomor satu persatu.

Sayangnya Kontak Telah Berhenti


Namun sayangnya, aplikasi kontak bawaan smartphone android terkadang juga bisa mengalami kerusakan/ error. Kerusakan dan error biasanya muncul pesan pop up bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Contacts Has Stopped”. Hal seperti ini terjadi tidak hanya pada satu smartphone saja, bisa saja terjadi pada semua merek smartphone mulai dari Samsung Galaxy, Smartfreen Andromax, Asus Zenfone, Lenovo, Xiomi, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Advan, Evercross, Oppo, Vivo, dan lainnya.

Penyebab umum mengenai masalah tersebut biasanya karena file cache yang terus menumpuk dan akhirnya membuat beberapa aplikasi berhenti secara tiba – tiba, hal ini terjadi pada aplikasi ‘kontak’. Tak hanya itu saja, Memori RAM penuh juga bisa menjadi penyebab kenapa beberapa aplikasi mengalami macet dan muncul pesan error. Tapi anda tenang saja, kali ini saya akan bantu dengan beberapa tips jitu yang saya ulas dibawah ini.

Cara Mengatasi Kontak Terhenti Di Android

Masalah kontak telepon yang memunculkan pesan error bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, anda bisa atasi dengan beberapa cara simple dan mudah dibawah ini. Tapi sebelum melakukan cara dibawah ini, pastikan anda telah membackup atau memindah semua kontak nomor dari memori Internal ke SIM Card.

Metode 1 : Hapus File Cache Android

Seperti yang saya katakana diatas, file cache merupakan salah satu file yang harus anda perhatikan. Hal ini berlaku tidak hanya pada kontak Android saja, melainkan semua aplikasi Android mulai dari aplikasi bawaan sampai aplikasi dari pihak ketiga seperti WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, Facebook Lite, Google Chrome, Google Play Store, dan lainnya.

Untuk membersihkan file cache Android, untuk hasil yang lebih baik, anda bisa gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CM Security. Untuk membersihkan file cache tanpa aplikasi anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Galeri, kemudian tap “Hapus Cache”. 


Metode 2 : Hapus Data Aplikasi Kontak

Jika dengan cara pertama tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua. Menghapus data aplikasi kontak akan mengembalikan aplikasi kontak berada pada posisi default. Ini artinya semua file dari basis data, cache, history panggilan, dan lainnya akan hilang secara permanen, termasuk semua nomor telepon yang telah anda simpan. Maka dari itu sebelum melakukan cara ini, pastikan anda sudah memindah semua nomor ke kartu SIM atau SD Card. 

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Kontak, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Aplikasi telepon, tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.


Metode 3 : Factory Reset Android

Jika dengan dua cara diatas tidak berhasil mengatasi masalah maka terpaksa anda harus melakukan reset pada Android anda. Sama seperti tips sebelumnya, pastikan anda telah melakukan backup pada semua file di Android anda mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya. Apabila backup sudah anda lakukan, barulah anda melakukan reset pada Android anda. Simak langkah – langkah reset Android dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.


Dengan tiga cara diatas saya rasa sudah lebih dari cukup. Saran dari saya, supaya nanti tidak terjadi error pada kontak android atau aplikasi lain, cobalah untuk menginstall aplikasi pembersih seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, GO Speed, 1 Tap Cleaner, atau yang lainnya. Aplikasi semacam itu dapat membersihkan Android dari file cache, temporary, history, dan malware jahat. Unduh gratis melalui Google Play Store.


Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Unfortunately, Contacts Has Stopped” Di Android, Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!


Demikianlah Artikel 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android

Sekianlah artikel 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android dengan alamat link http://webseoleo.blogspot.com/2016/07/3-cara-mengatasi-sayangnya-kontak-telah.html

2 Responses to "3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android"

  1. emang cache itu apa ya gan ? kok kykny apenting bgt gitu. mau hapus tapi takut yg penting-penting kehapus..
    power supply hp

    BalasHapus
  2. Mainkan Togel Online Terbaik & Terlengkap !
    Tersedia Pasaran Hongkong - Sydney - Singapore
    Bonus Potongan 2D = 30% | 3D = 59% | 4D = 66%
    Dapatkan Keuntungan Dalam Menebak Angka Hingga Ratusan Juta Setiap Hari..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .vip
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    BalasHapus